Jumat, 20 April 2012

Cara Membuat Template Blogger Blogspot


Cara Membuat Template Blogger Blogspot

Cara Membuat Template Blogger

Teknik dasar untuk mampu membuat template di blogger blogspot dan themes (tema) di Wordpress adalah memahami bahasa pemrograman html, xhtml, css dan xml. Yang tak kalah penting juga adalah kemampuan desain grafis dan memiliki cita rasa tinggi tentang seni desain. Kalau Anda berhasil mempelajari konsep dasar html dan css dan punya rasa cita rasa yang baik di bidang desain, maka Anda dapat menggunakan kemampuan membuat template untuk penghasilan tambahan atau bahkan penghasilan utama.

DAFTAR ISI
  1. Teknik Dasar Membuat Template Blogger
    1. Belajar HTML
    2. Belajar CSS
  2. Blogger Template Generator

TEKNIK DASAR MEMBUAT TEMPLATE BLOGGER 

Walaupun mungkin kita tidak perlu mengetahui seluk beluk teknik HTML secara detail, tapi mengetahui konsep dasar HTML dan CSS itu perlu agar kita tidak kesulitan ketika harus menambah atau mengurangi kode-kode html dan css yang ada dalam template.

ourblogtemplates.com membuat tutorial komprehensif tentang bagaimana cara membuat template blogger blogspot dalam bahasa Inggris. Kalau kesulitan, tinggal diterjemah pakai Google translate.

Untuk panduan bahasa Indonesia/Melayu melalui video youtube, lihat di sini!


TEKNIK DASAR BELAJAR HTML 

HTML singkatan dari Hyper Text Mark-up Language adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Didalam file HTML terdapat beberapa "tag" atau kode-kode yang dimengerti oleh web browser dan dapat menampilkannya di layar monitor. File HTML dapat dibuat dengan aplikasi text editor apapun di sistem operasi apapun, seperti Notepad di Windows.

Sebuah halaman website terdiri dari empat unsur minimal yaitu (a) html pembuka <html> (b) html penutup <html> (c) body pembuka <body> (d) body penutup <body>

Cara buat halaman html sederhana:

1. Copy/paste kode di bawah ke Notepad.
  1. <html>  
  2. <body>  
  3.   
  4. <h1>Judul Halaman </h1>  
  5.   
  6. <p>Awal kalimat tulisan.</p>  
  7.   
  8. </body>  
  9. </html>   
2.a. Di Notepad klik File -> Save as
2.b. Di Save as type -> klik All files
2.c. Di File name -> tulis nama file dengan ektensi html sbb: namafile.html -> klik Save

Anda berhasil membuat halaman html sederhana. Coba klik halaman namafile.html tadi, maka ia akan terbuka dalam bentuk browser (firefox atau IE).

TEKNIK DASAR BELAJAR CSS 

CSS kependekan dari Cascading Style Sheet (Bahasa lembar Gaya) adalah bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. Atau lebih sederhananya, bahasa yang digunakan untuk mengatur tampilan / desain suatu halaman HTML.

Contoh CSS dapat dilihat apabila Anda membuka
1. Template -> Edit HTML -> Lanjutkan
2. Lihat kode-kode yang di atasnya </head> atau di atasnya kode ]]></b:skin>

BLOGGER TEMPLATE GENERATOR 

Kalau Anda merasa sudah "terlalu tua" untuk belajar membuat template dari teknik yang paling dasar, maka ada solusi buat Anda. Yaitu dengan memakai layanan Blogger Template Generator. Dengan layanan ini Anda dapat membuat sebuah template blogger/blogspot dengan tinggal klik sana klik sini. Namun demikian, tetap diperlukan adanya kemampuan memiliki cita rasa dalam mendesain atau merancang paduan gambar dan warna yang enak dipandang mata.

Beberapa layanan generator pembuat template Blogger adalah sebagai berikut. Semuanya gratis. Silahkan dicoba satu-satu yang paling mudah buat Anda.

1. Pimp My Profile 
2. Psycho – Psychogenesis
3. P`ge Colomn Layout Generator
4. Firdamatic
5. Trix Blogspot Template Generator
6. di sini!
7. Colomns Blogger Layout Generator
8. Colomns Blogger Layout Generator
9. Colomns Blogger Layout Generator
10. Colomns Blogger Layout Generator

http://www.alkhoirot.net
sumber: 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes